Berita Terbaru – Kamar mandi merupakan tempat untuk membersihkan tubuh dari segala kuman setelah seharian penuh beraktifitas. Kamar mandi yang nyaman merupakan kamar mandi idaman bagi setiap orang. Tapi apabila kamar mandi anda ditumbuhi lumut dan jamur itu pertanda bahwa kamar mandi anda lembab. Kamar mandi lembab memiliki kadar air sampai dengan 60%. Jika kamar mandi terlalu lembab maka jamur dan lumut akan muncul, tidak hanya itu saja kelembaban kamar mandi akan membuat bakteri dan virus bersarang. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk mengurangi kadar lembab pada kamar mandi. Bagaimanakah caranya? Berikut ini kami akan menjelaskan tentang tips mengatasi kamar mandi lembab.

Tips Mengatasi Kamar Mandi Lembab
  1. Berikanlah sirkulasi udara pada ruangan kamar mandi anda. Dalam hal ini dibutuhkan ventilasi yang cukup besar untuk mengurangi kelembaban. Apabila jendela kamar mandi anda kecil atau bahkan kamar mandi tidak memiliki jendela hal yang harus anda lakukan adalah sering-sering membuka pintu kamar mandi anda apabila tidak sedang digunakan. Hal ini berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara masuk ke dalam ruangan.
  2. Kamar mandi yang lembab juga sering terjadi karena adanya rembesan air. Untuk menanggulanginya dibutuhkan campuran semen dan pasir agar plesteran tidak tembus air.
  3. Membuat kemiringan lantai ke arah drainase. Hal ini dilakukan agar air pada lantai kamar mandi mengalir dengan tepat dan membuat lantai menjadi kering sehingga ruang kamar mandi tidak menjadi lembab.
  4. Gunakan buangan AC, bagi anda yang menggunakan AC di kamar anda bisa memanfaatkan blower AC untuk diletakkan pada cerobong atap kamar mandi. Buatlah lubang ventilasi pada atap kamar mandi anda. Saat siang ketika AC kamar tidak digunakan, anda bisa memanfaatkan blower dan ventilasi pada atap kamar mandi untuk mengalirkan udara.
  5. Pada saat anda mandi, kurangilah penggunaan air secara berlebihan. Anda bisa menggunakan shower ketika mandi, jadi air tidak terlalu banyak terbuang dan mengakibatkan kamar mandi anda menjadi lembab.

Demikian tips mengatasi kamar mandi lembab, cara diatas dapat anda praktikan di rumah anda apabila kadar air pada kamar mandi anda mencapai 60%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *